“Aku bersyukur dilahirkan di Indonesia, dimana senyum masih menjadi karakter, budaya masih apik terjaga, dan optimisme masih menyulut semangat. Aku berharap, anak-anakku kelak harus lebih bangga dariku dalam memandang dan memperjuangkan Indonesianya. Jaya Selalu Negeriku Indonesia, Jayalah Selama-lamanya”

Liberalisasi Masa Narasimha Rao (1991-1996)



Oleh: Haryo Prasodjo (haryoprasodjo@ymail)
Program liberalisasi ekonominya ditahun 1991 yaitu dipicu oleh ketidak seimbangan pembayaran krisis ekonomi yang terjadi. Liberalisasi yang dilakukan India telah merubah segala aspek pergerakan ekonominya. Perekonomian India telah mengalami kebijakan yang signifikan ditahun 1990. Model baru reformasi ekonomi yang umumnya dikenal sebagai (LPG) Liberalisasi, privatisasi, dan globalisasi, yang mana tujuan dari kebijakan tersebut adalah untuk membuat perekonoian negara terbesar ke tujuh di dunia ini dapat terus berkembang dan melesat jauh kedepan[1]. Reformasi ekonomi  India di tahun 1990-an telah menyapu kontrol perizinan yang telah lama membelengu  industri dalam  dan perdagangan luar negeri India. Reformasi ekonomi India yang baru  memungkinkan pasar untuk menentukan nilai tukarnya sendiri, selain itu bea tarif  masuk turun secara drastis dan kembali dibukanya investasi bagi pihak asing. Semua sistem pasar saham dimodernisasi , suku bunga dibebaskan, sistem perbankan diperkuat dan dimulainya privatisasi beberapa perusahaan publik[2].
Liberalisasi yang dilakukan India mengacu pada berkurangnya peraturan pemerintah dan telah membongkar kontrol yang amat kompleks terhadap pengusaha swasta. Privatisasi dalam reformasi ekonomi India juga mengacu pada partisipasi swasta dalam bisnis dan jasa serta perpindahan kepemilikan dari sektor publik (pemerintah) kepada sektor swasta[3]. Dengan adanya iklim liberal pengusaha swasta menjadi lebih responsive terhadap sinyal harga pasar yang datang dari dalam maupun luar dengan meningkatkan efisiensi dalam penggunaan sumber daya. Disisi lain liberalisasi ekonomi dapat meningkatkan ketersediaan dana melalui mobilisasi tabungan yang lebih tinggi, arus msuk modal asing (FDI dan portofolio) melakukan penurunan permintaan sektor publik, mengendalikan dengan ketat penciptaan kredit dalam negeri untuk menjaga stabilitas makro ekonomi. Tidak hanya itu, dari sektor keuangan juga menjadi lebih hati-hati dalam melakukan kredit terhadap perusahaan milik individu.

Liberalisasi India juga memicu peningkatan penggunaan tekhnologi dikarenakan tekanan kompetitif dan pembelajaran eksternal. Rantai reformasi ekonomi yang terjadi berkaitan dengan bisnis, manufaktur, dan industri keuangan diharapkan dapat mengangkat perekonomian negara ke tingkat yang lebih tinggi. Dan reformasi tersebut telah memepengaruhi pertumbuhan ekonomi negara secara keseluruhan dan signifikan. Tujuan utama dari transisi India melalui liberalisasi ekonomi adalah untuk meningkatkan efisiensi kompetitif ekonomi di pasar global untuk mempertahankan tingkat percepatan pertumbuhan ekonomi dengan demikian jgua turut meningkatkan keamanan dan kesejahteraan masyarakatnya[4].
Percepatan reformasi ekonomi India pada akhir tahun 1990 ditujukan untuk  mempercepat pembangunan sistem infrastruktur, sistem regulasi, serta sistem pasar mikro dan makro India. Hal ini tidak lepas dari fokus pemerintah pada reformasi dalam hal lisensi perizinan industrialisasi, mengurangi tarif, dergulasi sumber daya capital dan pasar financial, serta reformasi fiscal.[5] Dengan demikian reformasi liberalisasi ekonomi dapat mempertahankan tingkat percepatan pertumbuhan ekonomin India. Kontrol yang lebih leluasa diberikan kepada swasta antara lain seperti kemudahan perizinan bagi pendatang baru. Perusahaan-perusahaan yang ada dapat lebih meningkatkan daya saing kompetitif serta efisiensi di pasar lokal dan global. Lebih lanjut, persaingan dan kompetisi terbuka yang terjadi antar pengusaha turut menimbulkan persaingan tarif yang semakin murah. Dan keunggulan komperatif akan digunakan oleh  masing-masing perusahaan yang bersaing. Dengan adanya pertumbuhan ekonomi yang stabil diharapkan dapat mengangkat dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat India yatu munculnya kelas menengah baru. Dan hal ini dapat dilihat dari meningkatnya daya konsumsi masyarakat India.
Reformasi liberalisasi ekonomi India dimuali sejak 24 juli 1991 privatisasi yang dilakukan mengacu pada partisipasi swasta dalam dunia bisnis dan jasa, juga terjadi perpindahan kepemilikan dari sektor publik (pemerintah) kepada sektor swasta[6]. Reformasi ekonomi India didasarkan atas liberalisasi pasar serta peran swasta yang semakin besar. Adapun beberapa rekomendasi Perdana Mentri Narasimha Rao dalam reformasi ekonomi India adalah sebagai berikut:
1)      Memberikan kekuasaan penuh kepada Dewan Bursa Efek India untuk merekam dan mengontrol seluruh mediator di pasar modal melalui regulasi keamanan.
2)      Tidak lagi melakukan kontrol modal dalam penentuan tariff dan jumlah saham perusahaan yang berada di pasar.
3)      Meluncurkan bursa efek nasional pada tahun 1994 dalam bentuk pembelian saham komputerisasi dan sistem yang bertindk sebagai alat untuk mempengaruhi restrukturisasi bursa efek di lain negara yang menjualnya. Dan pada tahun 1996 Bursa Efek Nasional muncul sebagai bursa saham terbesar di India.
4)      Pasar modal negara dibuat untuk menyediakan investasi melalui investor perusahaan luar negeri dengan memberikan peluang bagi perusahaan negara dalam menggalang dana di pasar luar negeri melalui penerbitan Global Depository Receipt (GDR).
5)      Mempromosikan Foreign Direct Investment (FDI) dengan cara menaikkan batas tertinggi pada kontribusi modal internasional dalam usaha bisnis kemitraan untuk 51% dari yang sebelumnya 40%. Dan dalam industrialisasi yang memiliki prioritas tinggi, ekuitas internasional diizinkan hingga mencapai angka 100%.
6)      Memangkas nilai mata uang dari tingkat rata-rata 85% sampai 25%, dan menarik peraturan kuantitatif. Rupee resmi berubah menjadi mata uang yang ditukarkan pada accaount trading.
7)      Pemberlakuan reorganisasi sanksi bagi penanaman modal asing pada 35 sektor sebagai batas minimum dlam batasan untuk investasi dan keterlibatan internasional[7].

Dengan demikian jumlah dari seluruh investasi luar negri yang terdiri dari investasi portofolio, penanaman modal asing, dan investasi yang dikumpulkan dari pasar modal luar negri naik menjadi $5,3 miliyar pada tahun 1995-1996, dari yang hanya $132.000.000 ditahun 1991-1992[8]. PM Narasimha Rao tidak begitu saja mencabut Lisensi Raj, Rao masih menggunakan lisensi tersebut terhadap 18 sektor produksi yang asih membutuhkannya, dan kontrol terhadap industri lebih lunak dan modern. Pemerintahan Rao mengakui bahwa waktunya telah tiba bagi India untuk membentuk kembali kebijakan ekonomi dan belajar dari kebangkitan asia timur yang lebih berorientasi strategi pembangunan pada ekspor dan pasar global. Sebagaimana yang telah berhasil dilakukan oleh Jepang, Korea, serta negara-negara dikawasan Asia tenggara[9]


2013.
[11] Ibid
[12] Ibid.
[13] Ibid.
[14] Ibid.
[15] Dalam “Economic Reforms And Economic Liberalization In India Economics Essay”. Diakses melalui http://www.ukessays.com/essays/economics/economic-reforms-and-economic-liberalization-in-india-economics-essay.php#ixzz2kU9MHWrt. Pad atanggal 3 Nopember 2013.
[16] Ibid.
[17] Dalam “Change Is Essential For A Betterment” Diakses melalui http://www.indiachangefoundation.org/change-is-essential/. Pada tanggal 10 Nopember 2013.
[18] Dalam Ataljee - An Epitome of Good Governance” . Diakses malalui http://ataljee.org/AtalJeeURM/Epitome.aspx. Diakses pada tanggal 10 Nopember 2013.
[19] Bowring, Philip. Dalam “India, Facing a Crisis, Needs Further Reform”. Diakses melalui http://www.nytimes.com/2000/12/19/opinion/19iht-edbow.t_0.html. Pada tanggal 10 Npember 2013.

46 komentar:

  1. Dubril Firm Loan menawarkan pinjaman aman dan tidak aman untuk individu, pembentukan pribadi dan umum tanpa agunan.
    tingkat bunga kami adalah pada tingkat yang terjangkau dari 2% dan kami proses pinjaman / pengadaan adalah yang terbaik yang pernah Anda dapat mendapatkan.
    Kami menawarkan setiap jumlah pinjaman dan untuk alasan yang masuk akal.
    Hubungi kami hari ini untuk pinjaman Anda melalui,
    Email: dubrilloanfirm@gmail.com
    Skype: dubrilloanfirm1

    BalasHapus
    Balasan
    1. ,,.,KISAH NYATA ,,,,,,,
      Aslamu alaikum wr wb..Allahu Akbar, Allahu akbar, Allahu akbar
      Bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki, namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang, hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yng saya punya, akhirnya saya menaggung utang ke pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 800 juta , saya stress dan hamper bunuh diri anak saya 2 orng masih sekolah di smp dan sma, istri saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anakanaknya ditengah tagihan utang yg menumpuk, demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue, ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya, dulu katanya dia juga seperti saya stelah bergabung dengan KI JAMBRONG hidupnya kembali sukses, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir dan melihat langsung hasilnya, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KI JAMBRONG di No 0853-1712-1219. Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Demi AllAH dan anak saya, akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kini saya kembali sukses terimaksih KI JAMBRONG saya tidak akan melupakan jasa AKI. JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH, SAYA SUDAH BUKTIKAN DEMI ALLAH SILAHKAN HUB KI JAMBRONG DI 0853-1712-1219. (TANPA TUMBAL/AMAN).
      ..............

      Hapus
  2. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Mia.S. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah scammed oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 JUTA) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah saya diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena aku berjanji padanya bahwa aku akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman dalam bentuk apapun, silahkan hubungi dia melalui emailnya: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya ladymia383@gmail.com dan miss Sety yang saya diperkenalkan dan diberitahu tentang Ibu Cynthia dia juga mendapat pinjaman dari Ibu Cynthia baru Anda juga dapat menghubungi dia melalui email nya: arissetymin@gmail.com Sekarang, semua yang saya lakukan adalah mencoba untuk bertemu dengan pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening bulanan.

    BalasHapus
  3. Aku Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya Rp900,000,000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak SANDRAOVIALOANFIRM. menghubungi mereka melalui email:. (Sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    BalasHapus
  4. Selamat siang,

    Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk memulai bisnis, atau Anda membutuhkan pinjaman untuk pembiayaan kembali, Apakah Anda membutuhkan pinjaman untuk melunasi utang? Apakah Anda membutuhkan pinjaman untuk membeli mobil atau rumah? Jika ya tidak khawatir lagi, Kami dapat membantu !!! hubungi kami sekarang via E-mail untuk pinjaman mendesak Anda.

    E-mail: finansbankloan@list.ru (atau) finansbankloan@gmail.com

    Terima kasih.

    BalasHapus
  5. Hello Setiap Satu, saya mrs Adhi Aini Dari Indonesia tetapi saya tinggal di sini di São Paulo, saya cepat mahu menggunakan media ini untuk ricih bukti bagaimana Tuhan mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman pinjaman Legit dan sebenar yang telah mengubah hidup saya dari rumput untuk rahmat, daripada menjadi miskin untuk seorang wanita kaya yang kini boleh berbangga dengan kehidupan yang sihat dan kaya tanpa tekanan atau masalah kewangan. Selepas berbulan-bulan cuba untuk mendapatkan pinjaman di internet dan telah scammed jumlah Rp5,000.000 i menjadi begitu terdesak dalam mendapatkan pinjaman daripada pemberi pinjaman pinjaman legit talian yang tidak akan menambah kepada sakit saya, maka saya mengambil keputusan untuk menghubungi kawan saya yang baru-baru ini mendapat pinjaman dalam talian, kami berbincang mengenai isu itu dan membuat kesimpulan kami dia memberitahu saya tentang Wanita yang dikenali sebagai Puan Elizabeth yang juga Ketua Pegawai Eksekutif Elizabeth Kean pinjaman Firm. Jadi saya memohon jumlah pinjaman (Rp300,000.000) dengan kadar faedah rendah sebanyak 2%, jadi pinjaman telah diluluskan dengan mudah tanpa tekanan dan semua persiapan di mana dibuat mengenai pemindahan pinjaman dan dalam masa kurang daripada 4 jam, pinjaman itu didepositkan ke dalam bank saya. Jadi saya ingin menasihatkan mana-mana satu yang memerlukan pinjaman untuk dengan cepat menghubungi beliau melalui e-mel .. elizabethkeen.loanfinance@gmail.com Dia tidak tahu yang sedang melakukan ini saya berdoa agar Allah akan memberkati dia untuk perkara yang baik yang dilakukannya dalam hidup saya. anda juga boleh hubungi saya di adhiaini05@gmail.com. untuk maklumat lanjut.

    BalasHapus
  6. Hello rakan-rakan Indonesia, saya mahu anda untuk membantu saya bersyukur kepada Tuhan kerana menyelamatkan nyawa saya melalui bantuan Mrs.Elizabeth Kean. Saya amat sakit di hospital dengan demam typhod, dan saya tidak dapat membayar bil-bil hospital saya kerana saya tidak mempunyai Bill Hospital, jadi saya mengambil pinjaman di internet dan mereka meminta saya untuk membayar yuran, cukai, insurans, dan lain-lain ., dan selepas pembayaran saya tidak mendapat pinjaman saya, mereka tertipu saya dan menipu aku, ini berlaku kepada saya pada 6 pemberi pinjaman pinjaman yang berbeza di sini di internet, i kemudian tahu mereka penipu dan penipu. Keadaan saya menjadi begitu kritikal dan saya berada di hampir mati sebelum jururawat di hospital itu memberitahu saya tentang di mana dia telah mengambil pinjaman dan ia adalah benar dan tulen, dia memperkenalkan saya kepada Puan Elizabeth Kean, di mana saya memohon pinjaman daripada Rp500,000,000 dengan 2 kadar% (2 peratus), dan pinjaman itu diluluskan tanpa cagaran, saya hanya mendaftar dengan mereka becasue mereka berkata terma syarikat dan syarat-syarat bahawa semua pelanggan perlu mendaftar sebelum obtanining pinjaman, dan selepas pendaftaran saya saya dapat saya pinjaman 2 jam selepas mereka mengesahkan pendaftaran saya. Pinjaman telah dihantar terus ke akaun bank saya tanpa tekanan. Saya ingin memberitahu semua orang untuk membantu saya mengucapkan terima kasih kepada Puan Elizabeth Kean kerana membantu saya dengan pinjaman yang menyelamatkan hidup saya. Sila jika anda sedang mencari untuk pinjaman di internet, anda perlu berhati-hati, dan saya ingin menasihatkan anda bahawa mereka begitu banyak penipu dan penipu di sini di internet. Saya akan menasihati anda bahawa jika anda memerlukan pinjaman anda lebih baik terpakai jika saya memohon itu adalah tulen dan sebenar dengan hanya pendaftaran sahaja dan tiada cagaran. hubungi Puan Elizabeth Kean sekarang jika anda memerlukan pinjaman asal dan benar tanpa scammed atau ditipu, e-mel beliau adalah elizabethkeen.loanfinance@gmail.com. dan anda juga boleh hubungi saya di e-mel saya di deborahlynda842@gmail.com. Tuhan memberkati anda semua

    BalasHapus
  7. Halo, nama saya Sulis Susanti dari Indonesia, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu.
    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, aku jatuh korban penipuan oleh beberapa perusahaan pinjaman online, karena saya perlu sebuah perusahaan pinjaman yang jujur.

    Aku hampir menyerah, tidak sampai saya mencari nasihat dari seorang teman yang kemudian mengarahkan saya untuk pemberi pinjaman pinjaman yang sangat handal JOY WILSON LOAN FIRM, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari 750 juta rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres pada tingkat bunga rendah dari 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres.

    Saya ingin Anda yakin dan percaya diri bahwa ini adalah asli karena saya memiliki semua bukti pengolahan pinjaman ini termasuk kartu id, dokumen perjanjian pinjaman dan semua kertas kerja. Saya percaya Ibu Joy Wilson sepenuh hati karena dia telah benar-benar membantu dalam hidup saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi perusahaan melalui email: (joywilsonloanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (sulissusanti971@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman

    BalasHapus
  8. Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    BalasHapus
  9. Aku Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman dapat diandalkan yang SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya Rp900,000,000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak SANDRAOVIALOANFIRM. menghubungi mereka melalui email:. (Sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    BalasHapus
  10. Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    BalasHapus
  11. Halo, nama saya adalah Kristen Calvin, korban penipuan di tangan kreditur palsu. saya telah kehilangan sekitar Rp16,000,000. karena saya butuh modal besar Rp800,000,000. i hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi. bisnis saya hancur, dan dalam proses saya kehilangan suami saya dan anak saya saya tidak tahan ini terjadi lagi. pada bulan Juni 2016, saya bertemu dengan seorang teman yang memperkenalkan saya ke ibu yang baik, Mrs Olivia Daniel, yang pada akhirnya membantu saya mengamankan pinjaman di sebuah perusahaan. ibu yang baik saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih, dan semoga Tuhan terus memberkati Anda. saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk nasihat sesama orang Indonesia, bahwa ada banyak scammers luar sana, jadi jika Anda membutuhkan pinjaman, dan ingin mengamankan pinjaman cepat, hanya mendaftar melalui Mrs Olivia Daniel melalui email: (oliviadaniel93@gmail.com ). Anda juga dapat menghubungi saya melalui email ini: (christiancalvin200@gmail.com). jika Anda memiliki keraguan. silahkan dia adalah satu-satunya orang yang dapat diandalkan dan dapat dipercaya.
    Terima kasih.

    BalasHapus

  12. Apakah Anda mencari pinjaman bisnis, pinjaman pribadi, pinjaman rumah, mobil
    pinjaman, pinjaman mahasiswa, hutang pinjaman konsolidasi, pinjaman tanpa jaminan, usaha
    modal, dll .. Atau kau menolak pinjaman oleh bank atau keuangan
    lembaga untuk satu atau lebih reasons.You di tempat yang tepat untuk
    solusi pinjaman Anda! Saya pemberi pinjaman pribadi, saya memberikan pinjaman kepada
    perusahaan dan individu pada tingkat bunga rendah dan terjangkau dari
    2%. Bunga. Silahkan hubungi kami melalui email:
    topclassloanfirm@gmail.com

    Terima kasih,

    mr Markson

    BalasHapus
  13. Halo, nama saya Nona. Dwiokta Septiani Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu, saya tegang finansial dan putus asa, saya scammed oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Anita Charles pemberi pinjaman cepat, yang meminjamkan jumlah pinjaman tanpa jaminan dari 430 juta dalam waktu kurang dari 12 jam tanpa tekanan atau stres pada tingkat bunga rendah dari 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah i diterapkan untuk, dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan. Jadi saya berjanji Ibu Anita saya akan berbagi kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda membutuhkan semacam pinjaman, hubungi Ibu Anita melalui email: anitacharlesqualityloanfirm@mail.com.
    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: septianidwiokta@gmail.com
    Sekarang, semua saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran angsuran bulanan saya, yang saya kirim langsung ke rekening bank perusahaan.

    BalasHapus
  14. Apakah Anda memerlukan pinjaman mendesak dan kredibel? Jika Anda tidak stabil secara finansial dan membutuhkan upliftment dalam aspek keuangan Anda hidup, kemudian hubungi kami hari ini untuk cepat, efektif dan stres pinjaman bebas karena kami menawarkan pembiayaan untuk individu yang berpikiran serius, perusahaan dengan tingkat yang tak terkalahkan dari 2%. Dan perusahaan menjamin pengiriman uang yang aman. Jika Anda membutuhkan pembiayaan, cukup email melalui: rusmadizianloancompany@gmail.com dan Anda akan senang Anda lakukan.

    ENTER RINCIAN PINJAMAN APLIKASI DI BAWAH:
    Data peminjam
     1) Nama Lengkap: ......................................................
     2) Negara: .........................................................
     3) alamat Negara: .........................................................
     4) Negara: ............................................................
     5) Sex: ...............................................................
     6) Status Pernikahan: .............................................
     7) Pekerjaan: ...................................................
     8) Nomor Telepon / telepon: ................................................
     9) posisi di tempat kerja: ...................................................
     10) Pendapatan Bulanan: .............................................
     11) Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: .................................
     12) Jangka waktu pinjaman / durasi: ................................................
     13) Tujuan Pinjaman: ..........................................
     14) Agama: ......................................................
     15) Apakah Anda sudah menerapkan sebelumnya: ...................................................
     16) mata uang yang dipilih: ...................................................

     Salam hangat,
    Mr Rusmadi Zian.

    BalasHapus
  15. Halo,
    Saya Mrs Olivia Daniel, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang memberikan pinjaman kesempatan waktu hidup. Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek? mencari lebih karena kami berada di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami meminjamkan dana kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi di bisnis pada tingkat 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang handal dan penerima dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini melalui email di:
    (Oliviadaniel93@gmail.com)


    DATA APLIKASI

    1) Nama Lengkap:
    2) Negara:
    3) Alamat:
    4) Negara:
    5) Sex:
    6) Status perkawinan:
    7) Pekerjaan:
    8) Nomor Telepon:
    9) Posisi sekarang di tempat kerja:
    10) Pendapatan Bulanan:
    11) Jumlah pinjaman yang diperlukan:
    12) Durasi Pinjaman:
    13) Tujuan pinjaman:
    14) Agama:
    15) Apakah Anda menerapkan sebelum:
    16) Tanggal Lahir:
    Terima kasih,

    BalasHapus
  16. KABAR BAIK! KABAR BAIK !! KABAR BAIK !!!

    Apakah Anda Berpikir Untuk mendapatkan Bantuan Kewangan, apakah Anda Serius membutuhkan Pinjaman Mendesak, apakah Anda Berpikir Untuk memulakan kepercayaan Bisnis Anda Sendiri, Anda Berada di Utang, INI ADALAH Kesempatan Anda untuk Mencapai keinginan Anda Karena kami Memberikan Pinjaman Peribadi, Pinjaman usaha, dan Kredit korporasi, dan segala maklumat macam Pinjaman Pada Tingkat bunga 2%. Hore !!! Hampir sampai Ke Penghujung Tahun Ini dan kami pada stella kelompok Perusahaan Pinjaman, Kami menjamin all Klien Berharga Kami bahwa Acha Akan mendapatkan all Pinjaman Individu DENGAN senyum di wajah Acha.
    Untuk maklumat lebih lanjut sila hubungi kami Sekarang Melalui email: (stellagrouploancompany@gmail.com)

    Maklumat Peminjam:

    Nama lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Seks: ______________________
    Umur: ______________________
    JUMLAH Pinjaman Dibutuhkan: _______
    Pinjaman Duration: ____________
    Bunga Pinjaman: _____________
    Nombor telepon ________

    Stella Kumpulan Pinjaman Syarikat
    (Stellagrouploancompany@gmail.com

    BalasHapus
  17. Halo,
    Saya Nurliana Novi saya ingin berbagi karya Allah yang baik dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi buruk di beberapa negara.
     Saat ini saya tinggal di jakarta di Indonesia. Saya seorang Janda dengan empat anak dan aku terjebak dalam situasi keuangan pada bulan Juli 2016 dan saya perlu untuk membiayai dan membayar tagihan saya
    Saya adalah korban dari penipuan pemberi pinjaman 4-kredit, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan bahwa teman-teman saya menjelaskan situasi saya dan kemudian memperkenalkan saya ke sebuah perusahaan pinjaman yang ELINA JOHNSON PINJAMAN PERUSAHAAN reliabl.
    Bagi orang-orang yang mencari pinjaman? Jadi Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan internet di sini, tapi mereka masih sangat nyata di perusahaan pinjaman palsu.
     Saya mendapat pinjaman saya dari ELINA JOHNSON PINJAMAN PERUSAHAAN Rp500.000.000 sangat mudah dalam waktu 24 jam yang saya diterapkan, jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui ELINA JOHNSON PINJAMAN FIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda, silakan hubungi ELINA JOHNSON PINJAMAN PERUSAHAAN. menghubungi mereka melalui email:. (Elinajohnson22@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (nurliananovi96@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    BalasHapus
  18. Halo,
    Saya Mrs Olivia Daniel, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang memberikan pinjaman kesempatan waktu hidup. Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek? mencari lebih karena kami berada di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami meminjamkan dana kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi di bisnis pada tingkat 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang handal dan penerima dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini melalui email di:
    (Oliviadaniel93@gmail.com)


    DATA APLIKASI

    1) Nama Lengkap:
    2) Negara:
    3) Alamat:
    4) Negara:
    5) Sex:
    6) Status perkawinan:
    7) Pekerjaan:
    8) Nomor Telepon:
    9) Posisi sekarang di tempat kerja:
    10) Pendapatan Bulanan:
    11) Jumlah pinjaman yang diperlukan:
    12) Durasi Pinjaman:
    13) Tujuan pinjaman:
    14) Agama:
    15) Apakah Anda menerapkan sebelum:
    16) Tanggal Lahir:
    Terima kasih,

    BalasHapus
  19. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    BalasHapus
  20. Kami adalah organisasi yang dibentuk untuk membantu orang yang membutuhkan
    bantuan, seperti bantuan keuangan. Jadi, jika Anda akan melalui keuangan
    masalah jika Anda memiliki berantakan keuangan dan Anda perlu dana untuk
    memulai bisnis Anda sendiri, atau Anda membutuhkan pinjaman untuk melunasi hutang atau membayar
    tagihan, memulai bisnis yang bagus, atau Anda merasa sulit
    mendapatkan pinjaman modal dari bank lokal, hubungi kami hari ini melalui email
    jessicawilliamsloanfirm@gmail.com

    PEMINJAM INFORMASI

    Nama lengkap: __________________________________________
    Negara: _____________________________________________
    Alamat rumah: _______________________________________
    Tanggal lahir: _________________________________________
    Sex: _________________________________________________
    Pekerjaan: ___________________________________________
    Pendapatan bulanan: _______________________________________
    Status pernikahan: ________________________________________
    Sebuah Nomor telepon yang valid: __________________________________
    Jumlah Dibutuhkan: ______________________________________
    Lamanya_______________________________________________

    Salam
    Jessica Williams

    BalasHapus
  21. Kami siap untuk membantu orang yang membutuhkan pinjaman pada tingkat bunga rendah.

    Aku Karen Mark, pemberi pinjaman uang pribadi, yang Anda dalam utang? Anda perlu dorongan keuangan? Saya telah didaftarkan dan disetujui perusahaan pinjaman oleh kerajaan Inggris untuk mengontrol lembaga keuangan. Aku memberikan pinjaman untuk lokal dan internasional untuk semua orang yang membutuhkan pinjaman, dan dapat membayar kembali pinjaman, pada tingkat 2%. Aku memberikan pinjaman melalui transfer rekening atau cek bank. Tidak memerlukan banyak dokumen. Anda dapat menghubungi kami melalui Email: karenmarkfinancialloancompany@gmail.com
    Kami akan memberikan kami yang terbaik.

    BalasHapus
  22. Halo semua,
    Nama saya nur syarah dari kota Bogor di Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk menyarankan semua orang untuk menyenangkan hati-hati dalam mendapatkan pinjaman di sini, jadi banyak lender pinjaman di sini adalah semua scammers dan mereka hanya di sini untuk scam Anda keluar dari uang Anda , saya mengajukan pinjaman dari sekitar 150 juta dari seorang wanita di Filipina dan saya kehilangan sekitar 10 juta tanpa mengambil pinjaman, mereka meminta lagi dan lagi untuk biaya, saya membayar hampir 10 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman, ada yang menunjukkan kepada saya sekitar 2 kali dari dua wanita yang berbeda di Filipina, saya berharap saya akan bertemu orang yang tepat, tapi aku tidak.

    Tuhan kemuliaan, saya bertemu dengan seorang teman yang baru saja diterapkan untuk pinjaman, dan ia mendapat pinjaman tanpa stres, jadi dia memperkenalkan saya kepada Ibu Margaret pedro, CEO Margaret perusahaan pinjaman pedro, dan saya diterapkan untuk 420 juta, saya pikir itu adalah lelucon dan penipuan, tapi aku punya pinjaman saya dalam waktu kurang dari 24 jam hanya 2% tanpa agunan. Saya sangat senang karena saya diselamatkan dari mendapatkan miskin.

    jadi saya nasihat semua orang di sini yang membutuhkan pinjaman untuk kontak
    Mrs Margaret pedro melalui email: margaretpedroloancompany@gmail.com

    Anda masih bisa menghubungi saya jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut melalui email: nursyarah36@gmail.com

    sekali lagi terima kasih untuk semua membaca kesaksian saya, dan semoga Tuhan terus memberkati kita semua dan memberi kita umur panjang dan kemakmuran

    BalasHapus
  23. PELUANG LAIN LAGI, APAKAH ANDA BISNIS MAN / WOMAN, A PEKERJA DI ORGANISASI, Wiraswasta? Membutuhkan pinjaman pribadi untuk bisnis tanpa stres, Jika demikian, hubungi kami hari ini, kami menawarkan pinjaman pada tingkat bunga rendah dari 2%, Anda dapat melanjutkan tahun ini dengan senyum di wajah Anda, keselamatan, kebahagiaan pelanggan kami adalah kekuatan kita . Jika Anda tertarik, mengisi formulir aplikasi pinjaman di bawah ini:
    Informasi Peminjam:

    Nama lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Sex: ______________________
    Umur: ______________________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
    Durasi Pinjaman: ____________
    Tujuan pinjaman: _____________
    Nomor ponsel: ________

    Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami sekarang melalui email: mariasednerloanfirm@gmail.com

    BalasHapus

  24. Thank you for sharing such a informative information with us. Keep on sharing the blog like this.

    PhD Thesis Writing Services, Dissertation Writing Services & Research Paper Writing Services

    BalasHapus
  25. Hello semua orang yang melihat ini di seluruh dunia, ada banyak scammers di situs ini, aku punya kabar baik untuk berbagi. silahkan bergabung dengan saya untuk menjadi bahagia dan berterima kasih kepada perusahaan pinjaman. Aku baru saja pinjaman dari ELINA JOHNSON PINJAMAN PERUSAHAAN sah. Ini adalah bagaimana saya mendapat kontak mereka. Aku melihat kesaksian Mrs Nuliana Novi Indonesia di forum ini tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari mereka dan dia memberi mereka sebuah email kepada semua orang "elinajohnson22@gmail.com" jadi saya segera email mereka dan mereka menanggapi email saya, Jujur, pada awalnya saya begitu banyak takut karena saya telah kehilangan uang saya begitu bodoh sebelumnya. Tapi, saya terkejut bahwa kurang dari 3 jam setelah, pinjaman dari RP 700.000.000, saya diterapkan untuk benar-benar ditransfer ke rekening saya. Seluruh proses itu sederhana. dan pinjaman mendesak pada tingkat 2% aku cepat Tidak ada biaya. Tidak ada penjamin yang dibutuhkan dari saya. sampai sekarang, saya masih merasa sulit untuk percaya bahwa hal itu benar. Saya pikir saya sedang bermimpi ketika saya mendapat peringatan dari bank saya. Sekarang hati saya penuh dengan sukacita. Saran saya sederhana untuk semua orang yang mencari dorongan yang tulus untuk mendapatkan jumlah pinjaman yang sah untuk memulai bisnis atau untuk membiayai proyek adalah untuk email mereka sekarang dan Anda akan terkejut betapa saya terkejut. Saya ingin terutama terima Nuliana novi untuk memberikan kontak mereka di forum ini. Dan jika Anda memanggil mereka dan mendapatkan pinjaman dari mereka, silakan menyebarkan kabar baik sehingga orang lain juga dapat manfaat. terima kasih, email mereka lagi ^elinajohnson22@gmail.com
    ^, Nama saya Wahyuni ​​Elvin Hubungi saya, di sini adalah email saya wahyunielvin@gmail.com
     Catatan: semua scammers meminta biaya pendaftaran, hati-hati, semuanya adalah scam. mungkin Tuhan memberkati Anda semua
    Terima kasih

    BalasHapus
  26. Halo,
    Saya Nurliana Novi Saya ingin membagikan karya bagus Tuhan dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata tersebut, karena ekonomi itu buruk di beberapa negara.
     Saat ini saya tinggal di jakarta disini di indonesia. Saya seorang Janda dengan empat anak dan saya terjebak dalam situasi keuangan pada bulan Juli 2016 dan saya perlu membiayai kembali dan membayar tagihan saya.
    Saya adalah korban penipuan pemberi kredit 4-kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman-teman saya menjelaskan situasi saya dan kemudian mengenalkan saya ke perusahaan pinjaman yang dipercaya oleh ELINA JOHNSON LOAN FIRM.
    Bagi orang-orang yang mencari pinjaman? Jadi Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman di internet penipuan di sini, tapi mereka masih sangat nyata di perusahaan pinjaman palsu.
     Saya mendapat pinjaman dari ELINA JOHNSON LOAN FIRM Rp500.000.000 dengan sangat mudah dalam waktu 24 jam setelah saya melamar, jadi saya memutuskan untuk membagikan karya bagus Tuhan melalui ELINA JOHNSON LOAN FIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya mohon saran anda jika anda membutuhkan pinjaman silahkan hubungi ELINA JOHNSON LOAN FIRM. Hubungi mereka melalui email:. (Elinajohnson22@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (nurliananovi96@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman.

    BalasHapus
  27. Saya ingin semua orang membaca pesan ini dengan saksama. Saya sangat senang untuk membuat kesaksian tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman saya dengan kreditur kreditur legit, saya telah menderita di tangan kreditor internet palsu di situs-situs tertentu, saya telah mengajukan beberapa perusahaan pinjaman di sini dan yang mereka lakukan hanyalah meminta saya untuk Pembayaran dan setelah pembayaran, saya tidak akan mendapatkan pinjaman dari mereka, mereka adalah orang-orang palsu dari Inggris dan bahkan India. Saya merasa sakit karena hutang saya, dan saya membayar pembayaran lain untuk mendapatkan pinjaman agar bisa menghasilkan hutang yang lebih besar. Saya senang ketika teman saya mengatakan kepada saya bahwa dia mendapat pinjaman dari internet, dialah yang memberi tahu saya tentang Nicole Morgan dari NICOLE MORGAN LOAN FIRM, dan saya mengajukan pinjaman sebesar 800 juta, saya mengikuti semua prosedur, Saya pikir saya tidak akan mendapatkan pinjaman, tapi saya sangat senang saat pinjaman saya disetujui dan dikirim langsung ke rekening bank saya dalam waktu 2 hari setelah mendaftar. Saya telah membayar semua hutang saya sekarang dan stabil secara finansial saat saya menulis pesan ini. Jadi jika ada di antara Anda yang mengajukan permohonan pinjaman, Anda harus menghubungi Nicole Morgan di emailnya, mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman pinjaman nyata, yang lain salah. Ikuti saja semua prosedur di Nicole Morgan dan saya jamin Anda akan mendapatkan pinjamannya, jadilah bijak sehingga Anda tidak akan kehilangan uang seperti saya, hubungi ibu Nicole Morgan jika Anda benar-benar membutuhkan pinjaman nicolemorganloan@gmail.com
    Hubungi saya juga supaya saya bisa memberikan informasi lebih lanjut dan penjaga hadijaboften2@gmail.com
    Terima kasih.

    BalasHapus
  28. Halo,
    Saya Yunita Ariyanti dari kota Surubaya, alamat demak java, di indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk memberi nasehat kepada seluruh warga negara indonesia saya. Yang telah mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. Satu-satunya tempat dan perusahaan yang bisa menawarkan pinjaman adalah LILIANA DONATO perusahaan pinjaman. Perusahaan pinjaman terpercaya dan tepercaya yang telah mengubah hidup saya dari rumput menjadi anugerah, mendapat pinjaman dari mereka. Mereka adalah satu-satunya perusahaan pinjaman yang sah di internet. Saya menghabiskan hampir 22 juta di tangan perusahaan pinjaman palsu dari Filipina.
    Tapi Nyonya Liliana Donato memberiku mimpiku kembali dan mendapatkan kembali kepercayaanku untuk kemanusiaan lagi. Hubungi Mrs. Liliana untuk permintaan pinjaman Anda
      Via email: lilianadonatoloancompany@gmail.com.
    Email pribadi saya sendiri: yunitariyanti33@gmail.com. Anda juga bisa menghubungi saya melalui email saya untuk informasi lebih lanjut tentang Ibu Liliana Terima kasih telah mendengarkan kesaksian saya.
    Tuhan memberkati.

    BalasHapus
  29. Aku Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman dapat diandalkan yang SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya Rp900,000,000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak SANDRAOVIALOANFIRM. menghubungi mereka melalui email:. (Sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    BalasHapus
  30. Halo
    Jika Anda tertarik untuk membuat pinjaman ini, mohon isi formulir yang diberikan kepada Anda dan kembalilah kepada kami sehingga kami dapat segera memulai pemrosesan pinjaman Anda.
    Terima kasih

    BalasHapus
  31. PELUANG LOAN !!!
    Apakah Anda mencari pemberi pinjaman swasta? Apakah Anda membutuhkan pinjaman segera? Apakah kamu memiliki kredit buruk? Apakah bank anda gagal? Saya dapat membantu Anda mendapatkan pinjaman. Tidak ada jaminan yang dibutuhkan.
    Saya adalah investor swasta yang mengkhususkan diri dalam menyediakan semua jenis dana investasi, termasuk reksa dana, pinjaman pribadi, pinjaman usaha, pinjaman real estat, pinjaman kombinasi, pinjaman konsolidasi, pinjaman komersial dan banyak lagi.
    Bebas scam dan legit
    Tidak ada permainan, bisnis saja
    Jumlah Pinjaman: Minimal $ 1.000 sampai jumlah pinjaman maksimum $ 5.000.000,00
    Suku bunga pinjaman: 2%
    Area pinjaman: seluruh dunia
    Durasi maksimal: sampai 20 tahun
    Tidak ada penalti prabayar
    Pendanaan segera setelah dokumentasi dan persetujuan yang benar.
    Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi kami melalui pesan melalui email pribadi kami di theresaloancompany@gmail.com...

    BalasHapus
  32. Hello Everyone, nama saya Jane alice seorang wanita dari Indonesia, dan saya bekerja dengan sebuah negara kompensasi bersatu, dan kami telah mendengar dan juga meminjam dari perusahaan pinjaman, dengan cepat saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan seluruh Indonesia untuk mencari pinjaman Internet Sangat hati-hati Berhati-hatilah untuk tidak jatuh di tangan scammers dan fraudstars, ada banyak kreditur kredit palsu di sini di internet dan beberapa di antaranya asli dan nyata,

    Saya ingin melempar testimonial tentang bagaimana Tuhan menuntun saya ke pemberi pinjaman yang sebenarnya dan dana pinjaman Real telah mengubah hidup saya dari rumput menjadi Grace, setelah saya tertipu oleh beberapa kreditor kredit di internet, saya kehilangan banyak uang untuk membayar biaya pendaftaran. . , Garansi, pajak, dan setelah pembayaran saya masih belum mendapat pinjaman saya.

    Setelah berbulan-bulan berusaha mendapatkan pinjaman di internet dan jumlah uang yang dihabiskan tanpa mendapat pinjaman dari perusahaan mereka, maka saya menjadi sangat putus asa untuk mendapatkan pinjaman dari kreditor kredit genue online yang tidak akan meningkatkan rasa sakit saya jadi saya memutuskan untuk Hubungi teman saya yang baru saja mendapatkan pinjaman online, kami mendiskusikan kesimpulan kami mengenai masalah ini dan dia bercerita tentang seorang wanita bernama Mr. Dangote yang adalah CEO Dangote Loan Company.

    Jadi saya mengajukan permohonan untuk jumlah pinjaman (Rp400.000.000) dengan tingkat bunga rendah 2%, tidak mengurus se umur saya, karena saya mengatakan kepadanya apa yang ingin saya gunakan untuk membangun bisnis saya dan pinjaman saya telah disetujui dengan mudah. Tanpa stres dan semua persiapan yang dilakukan dengan transfer kredit dan dalam waktu kurang dari 24 jam setelah mendapatkan sertifikat yang diminta, telah disimpan ke bank dan impian saya masuk. Jadi saya ingin saran yang memerlukan panggilan pinjaman cepat sekarang atau email di Dangotegrouploandepartment @ Gmail.com

    Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini. Saya berdoa agar Tuhan memberkati dia atas hal-hal baik yang telah dia lakukan dalam hidup saya. Anda juga bisa menghubungi saya di ladyjanealice@gmail.com hari yang menyenangkan info lebih lanjut ..

    BalasHapus
  33. Apakah Anda memerlukan pinjaman asli?
    Apakah Anda ingin membayar tagihan Anda?
    Apakah Anda memerlukan pinjaman pribadi?
    Apakah Anda memerlukan jenis pinjaman?
    Butuh Pinjaman Bisnis?
    Hanya dengan tingkat bunga 2%, jika Anda ingin stabil secara finansial?
    Lalu kunjungi alamat e-mail tersebut: cindymarialoan@gmail.com

    Isi formulir aplikasi.
    1) Nama lengkap:
    2) Negara:
    3) Jumlah yang Dibutuhkan:
    4) Durasi pinjaman:
    5) Nomor telepon:

    Email: cindymarialoan@gmail.com

    BalasHapus
  34. Saya Widaya Tarmuji, saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah TRACY MORGAN LOAN FIRM. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir 32 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

    Tapi Tracy Morgan memberi saya mimpi saya kembali. Ini adalah alamat email yang sebenarnya mereka: tracymorganloanfirm@gmail.com. Email pribadi saya sendiri: widayatarmuji@gmail.com. Anda dapat berbicara dengan saya kapan saja Anda inginkan. Terima kasih semua untuk mendengarkan permintaan untuk saran saya. hati-hati

    BalasHapus
  35. Apakah Anda mencari pinjaman pinjaman asli? Anda berada di tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! Pemberi pinjaman pinjaman pribadi yang memberikan kesempatan hidup pinjaman. Apakah Anda memerlukan pinjaman konsolidasi atau hipotek? Tidak terlihat lagi karena kita di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda menjadi sesuatu dari masa lalu. Pinjaman kami kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi dalam bisnis dengan tarif 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu Anda bahwa kami memberikan bantuan dan penerima yang andal dan bersedia menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini via email di:
    Silahkan hubungi kami melalui e-mail via patriciajames205@gmail.com. Jadi jika Anda ingin mendapatkan pinjaman dari perusahaan saya, Anda bisa menghubungi kami hari ini.
    Terima kasih

    Nyonya Patricia James

    BalasHapus
  36. Apakah Anda memerlukan pinjaman segera untuk melunasi hutang Anda atau apakah Anda memerlukan pinjaman untuk memperbaiki bisnis Anda? Apakah Anda memerlukan pinjaman konsolidasi atau hipotek? Sudahkah anda ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Cari tidak lebih karena kita di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu !! Kami meminjamkan kepada perusahaan, entitas swasta dan individu dengan bunga rendah dan harga terjangkau 2%. Anda bisa menghubungi kami melalui e-mail via: (ivanaluka04@gmail.com)

    APLIKASI DATA

    1) nama ...........................
    2) Negara .......................
    3) Alamat ......................
    4) Jenis Kelamin ........................
    5) status perkawinan .............
    6) Bekerja ................
    7) Nomor Telepon ...........
    8) posisi di tempat kerja .....
    9) penghasilan bulanan ....................
    10) total pinjaman .........
    11) durasi pinjaman .....
    12) Tujuan pinjaman ..................
    13) Tanggal lahir ........................

    Terima kasih.

    BalasHapus
  37. Hello Everyone, nama saya Jane alice seorang wanita dari Indonesia, dan saya bekerja dengan sebuah negara kompensasi bersatu, dan kami telah mendengar dan juga meminjam dari perusahaan pinjaman, dengan cepat saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan seluruh Indonesia untuk mencari pinjaman Internet Sangat hati-hati Berhati-hatilah untuk tidak jatuh di tangan scammers dan fraudstars, ada banyak kreditur kredit palsu di sini di internet dan beberapa di antaranya asli dan nyata,

    Saya ingin melempar testimonial tentang bagaimana Tuhan menuntun saya ke pemberi pinjaman yang sebenarnya dan dana pinjaman Real telah mengubah hidup saya dari rumput menjadi Grace, setelah saya tertipu oleh beberapa kreditor kredit di internet, saya kehilangan banyak uang untuk membayar biaya pendaftaran. . , Garansi, pajak, dan setelah pembayaran saya masih belum mendapat pinjaman saya.

    Setelah berbulan-bulan berusaha mendapatkan pinjaman di internet dan jumlah uang yang dihabiskan tanpa mendapat pinjaman dari perusahaan mereka, maka saya menjadi sangat putus asa untuk mendapatkan pinjaman dari kreditor kredit genue online yang tidak akan meningkatkan rasa sakit saya jadi saya memutuskan untuk Hubungi teman saya yang baru saja mendapatkan pinjaman online, kami mendiskusikan kesimpulan kami mengenai masalah ini dan dia bercerita tentang seorang wanita bernama Mr. Dangote yang adalah CEO Dangote Loan Company.

    Jadi saya mengajukan permohonan untuk jumlah pinjaman (Rp400.000.000) dengan tingkat bunga rendah 2%, tidak mengurus se umur saya, karena saya mengatakan kepadanya apa yang ingin saya gunakan untuk membangun bisnis saya dan pinjaman saya telah disetujui dengan mudah. Tanpa stres dan semua persiapan yang dilakukan dengan transfer kredit dan dalam waktu kurang dari 24 jam setelah mendapatkan sertifikat yang diminta, telah disimpan ke bank dan impian saya masuk. Jadi saya ingin saran yang memerlukan panggilan pinjaman cepat sekarang atau email di Dangotegrouploandepartment@Gmail.com

    Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini. Saya berdoa agar Tuhan memberkati dia atas hal-hal baik yang telah dia lakukan dalam hidup saya. Anda juga bisa menghubungi saya di ladyjanealice@gmail.com hari yang menyenangkan info lebih lanjut ..

    BalasHapus
  38. Halo,
    Nama saya Marian Savic, saya adalah korban penipuan di tangan pemberi pinjaman palsu. Saya telah kehilangan sekitar 10 juta karena saya butuh modal besar 150 juta. Aku hampir mati, aku tidak punya tempat untuk pergi. Bisnis saya hancur dan dalam proses saya kehilangan anak saya. Aku tidak tahan ini terjadi lagi. Pada bulan Januari 2017, teman saya mengenalkan saya pada ibu yang baik, Nyonya Ivana Luka, yang pada akhirnya membantu saya mendapatkan pinjaman di perusahaan pinjamannya. Saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk memberi saran kepada orang-orang Indonesia bahwa ada banyak penipu di luar sana, jadi jika Anda memerlukan pinjaman, dan ingin mendapatkan pinjaman dengan cepat, hanya mendaftar melalui Nyonya Ivana Luka dan Anda dapat menghubungi dia melalui email: (ivanaluka04 @ Gmail.com). Anda juga bisa menghubungi saya melalui email saya: (mariansavic271@gmail.com). Jika kamu ragu Dia adalah satu-satunya orang yang dapat diandalkan dan dapat dipercaya.
    Terima kasih.

    BalasHapus
  39. Hello Everyone, nama saya Jane alice seorang wanita dari Indonesia, dan saya bekerja dengan sebuah negara kompensasi bersatu, dan kami telah mendengar dan juga meminjam dari perusahaan pinjaman, dengan cepat saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan seluruh Indonesia untuk mencari pinjaman Internet Sangat hati-hati Berhati-hatilah untuk tidak jatuh di tangan scammers dan fraudstars, ada banyak kreditur kredit palsu di sini di internet dan beberapa di antaranya asli dan nyata,

    Saya ingin melempar testimonial tentang bagaimana Tuhan menuntun saya ke pemberi pinjaman yang sebenarnya dan dana pinjaman Real telah mengubah hidup saya dari rumput menjadi Grace, setelah saya tertipu oleh beberapa kreditor kredit di internet, saya kehilangan banyak uang untuk membayar biaya pendaftaran. . , Garansi, pajak, dan setelah pembayaran saya masih belum mendapat pinjaman saya.

    Setelah berbulan-bulan berusaha mendapatkan pinjaman di internet dan jumlah uang yang dihabiskan tanpa mendapat pinjaman dari perusahaan mereka, maka saya menjadi sangat putus asa untuk mendapatkan pinjaman dari kreditor kredit genue online yang tidak akan meningkatkan rasa sakit saya jadi saya memutuskan untuk Hubungi teman saya yang baru saja mendapatkan pinjaman online, kami mendiskusikan kesimpulan kami mengenai masalah ini dan dia bercerita tentang seorang wanita bernama Mr. Dangote yang adalah CEO Dangote Loan Company.

    Jadi saya mengajukan permohonan untuk jumlah pinjaman (Rp400.000.000) dengan tingkat bunga rendah 2%, tidak mengurus se umur saya, karena saya mengatakan kepadanya apa yang ingin saya gunakan untuk membangun bisnis saya dan pinjaman saya telah disetujui dengan mudah. Tanpa stres dan semua persiapan yang dilakukan dengan transfer kredit dan dalam waktu kurang dari 24 jam setelah mendapatkan sertifikat yang diminta, telah disimpan ke bank dan impian saya masuk. Jadi saya ingin saran yang memerlukan panggilan pinjaman cepat sekarang atau email di Dangotegrouploandepartment@Gmail.com

    Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini. Saya berdoa agar Tuhan memberkati dia atas hal-hal baik yang telah dia lakukan dalam hidup saya. Anda juga bisa menghubungi saya di ladyjanealice@gmail.com hari yang menyenangkan info lebih lanjut ..

    BalasHapus
  40. Apakah Anda memerlukan pinjaman segera untuk melunasi hutang Anda atau apakah Anda memerlukan pinjaman untuk memperbaiki bisnis Anda? Apakah Anda memerlukan pinjaman konsolidasi atau hipotek? Sudahkah anda ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Cari tidak lebih karena kita di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu !! Kami meminjamkan kepada perusahaan, entitas swasta dan individu dengan bunga rendah dan harga terjangkau 2%. Anda bisa menghubungi kami melalui e-mail via: (ivanaluka04@gmail.com)

    APLIKASI DATA

    1) nama ...........................
    2) Negara .......................
    3) Alamat ......................
    4) Jenis Kelamin ........................
    5) status perkawinan .............
    6) Bekerja ................
    7) Nomor Telepon ...........
    8) posisi di tempat kerja .....
    9) penghasilan bulanan ....................
    10) total pinjaman .........
    11) durasi pinjaman .....
    12) Tujuan pinjaman ..................
    13) Tanggal lahir ........................

    Terima kasih.

    BalasHapus
  41. BERITA BAIK BERITA BAIK BERITA BAIK !!!

    Halo semua, saya Fatma dari Indonesia. Saya menyarankan Anda semua di sini tidak mengajukan permohonan pinjaman di perusahaan atau pemberi pinjaman di situs ini, sebagian besar perusahaan di sini adalah palsu, pembohong dan penipuan, dan juga beberapa kesaksian di sini adalah palsu, mereka adalah orang yang sama yang melakukan . Karena itu, hati-hati jangan sampai jadi mangsa rekanan dari Indonesia. Saya ditipu empat kali sekitar Rp 200.000.000 untuk biaya registrasi, biaya transfer, biaya pajak dan biaya asuransi, setelah pembayaran ini saya tidak mendapatkan pinjaman saya, tapi mereka meminta saya untuk membayar lagi dan lagi. Ini akan menarik minat anda untuk Ketahuilah bahwa ada undang-undang hukum keuangan atau peraturan biaya ini untuk mendapatkan pinjaman dari pemberi pinjaman atau undang-undang perusahaan. Dia bersyukur bahwa saya kemudian menerima pinjaman cepat sebesar $ 100.000 dari perusahaan yang teman saya mengenalkan saya. Perusahaan pinjaman yang sebenarnya dan terpercaya (THERESA LOAN COMPANY). Mereka sekarang menjadi perusahaan terbesar di AS, Eropa dan seluruh Asia. Misi dan komitmen kepada Anda Theresa Loan Company didedikasikan untuk memfasilitasi impian dan membantu kita semua yang telah scammed dan curang dalam proses mendapatkan pinjaman segera, memberi Anda layanan kelas dunia. Perusahaan Pinjaman Theresa atau agen pinjaman tahu bagaimana rasanya berada di posisi Anda dan mereka berusaha keras untuk tidak melupakan perasaan itu. Mereka akan mendapatkan kepercayaan Anda dengan mengkomunikasikan kepada Anda informasi yang perlu Anda ketahui, kapan Anda perlu mengetahui dan hak untuk menawarkan pinjaman (bisnis atau pinjaman pribadi) dan layanan keuangan.

    Saya sangat bersemangat untuk membantu negara saya mendapatkan pinjaman dari penipuan dan segera, email saya adalah (feyzilfatma@gmail.com)

    Hubungi saya atau (theresaloancompany@gmail.com) untuk informasi lebih lanjut, saya siap membantu. Tuhan memberkati kalian semua.

    Harap Catatan: Tidak ada biaya pendaftaran, tidak ada biaya, tidak ada pajak, tidak ada asuransi. Tuhan memberkati kita semua.

    BalasHapus
  42. BERITA BAIK BERITA BAIK BERITA BAIK !!!

    Halo semua, saya Fatma dari Indonesia. Saya menyarankan Anda semua di sini tidak mengajukan permohonan pinjaman di perusahaan atau pemberi pinjaman di situs ini, sebagian besar perusahaan di sini adalah palsu, pembohong dan penipuan, dan juga beberapa kesaksian di sini adalah palsu, mereka adalah orang yang sama yang melakukan . Karena itu, hati-hati jangan sampai jadi mangsa rekanan dari Indonesia. Saya ditipu empat kali sekitar Rp 200.000.000 untuk biaya registrasi, biaya transfer, biaya pajak dan biaya asuransi, setelah pembayaran ini saya tidak mendapatkan pinjaman saya, tapi mereka meminta saya untuk membayar lagi dan lagi. Ini akan menarik minat anda untuk Ketahuilah bahwa ada undang-undang hukum keuangan atau peraturan biaya ini untuk mendapatkan pinjaman dari pemberi pinjaman atau undang-undang perusahaan. Dia bersyukur bahwa saya kemudian menerima pinjaman cepat sebesar $ 100.000 dari perusahaan yang teman saya mengenalkan saya. Perusahaan pinjaman yang sebenarnya dan terpercaya (THERESA LOAN COMPANY). Mereka sekarang menjadi perusahaan terbesar di AS, Eropa dan seluruh Asia. Misi dan komitmen kepada Anda Theresa Loan Company didedikasikan untuk memfasilitasi impian dan membantu kita semua yang telah scammed dan curang dalam proses mendapatkan pinjaman segera, memberi Anda layanan kelas dunia. Perusahaan Pinjaman Theresa atau agen pinjaman tahu bagaimana rasanya berada di posisi Anda dan mereka berusaha keras untuk tidak melupakan perasaan itu. Mereka akan mendapatkan kepercayaan Anda dengan mengkomunikasikan kepada Anda informasi yang perlu Anda ketahui, kapan Anda perlu mengetahui dan hak untuk menawarkan pinjaman (bisnis atau pinjaman pribadi) dan layanan keuangan.

    Saya sangat bersemangat untuk membantu negara saya mendapatkan pinjaman dari penipuan dan segera, email saya adalah (feyzilfatma@gmail.com)

    Hubungi saya atau (theresaloancompany@gmail.com) untuk informasi lebih lanjut, saya siap membantu. Tuhan memberkati kalian semua.

    Harap Catatan: Tidak ada biaya pendaftaran, tidak ada biaya, tidak ada pajak, tidak ada asuransi. Tuhan memberkati kita semua.

    BalasHapus
  43. Apakah Anda memerlukan pinjaman segera untuk melunasi hutang Anda atau Anda memerlukan pinjaman untuk memperbaiki bisnis Anda? Apakah Anda memerlukan pinjaman konsolidasi atau hipotek? Sudahkah anda ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Cari tidak lebih karena kita di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu !! Kami meminjamkan kepada perusahaan, entitas swasta dan individu dengan bunga rendah dan harga terjangkau 2%. Anda bisa menghubungi kami melalui e-mail via: (julianahalexanderloanfirm@gmail.com)

    APLIKASI DATA

    1) nama ...........................
    2) Negara .......................
    3) Alamat ......................
    4) Jumlah Pinjaman ...............
    5) Durasi pinjaman .................
    6) Jenis Kelamin ........................
    7) status perkawinan .............
    8) Nomor telepon ...........
    9) Pendapatan bulanan ...... ..............
    10) Tujuan pinjaman ...................
    11) Tanggal lahir ........................

    Julianahalexander
    (Julianahalexanderloanfirm@gmail.com)

    BalasHapus

  44. We are a Finance Industry Company professionals with over 15 Years Experience and a focus on providing Bank Guarantee and Standby Letter of Credit from some of the World Top 25 Prime Banks primarily from Barclays, Deutsche Bank, HSBC,Credit Suisse e.t.c.

    FEATURES:
    Amounts from $1 million to 5 Billion+
    Euro’s or US Dollars
    Great Attorney Trust Account Protection
    Delivered via MT760, MT799 and MT103 Swift with Full Bank Responsibility
    Brokers Always Protected

    Purchase Instrument of BG/SBLC : 32%+2% Min Face Value cut = EUR/USD 1M-5B
    Lease Instrument of BG/SBLC : 4%+2% Min Face Value cut = EUR/USD 1M-5B

    Interested Agents/Brokers, Investors and Individual proposing international project funding should contact us for directives.We will be glad to share our working procedures with you upon request.


    We Facilitate Bank instruments SBLC for Lease and Purchase. Whether you are a new startup, medium or large establishment that needs a financial solution to fund/get your project off the ground or business looking for extra capital to expand your operation,our company renders credible and trusted bank guarantee provider who are willing to fund and give financing solutions that suits your specific business needs.

    We help you secure and issue sblc and bank guarantee for your trade, projects and investment from top AA rated world Banks like HSBC, Barclays, Dutch Ing Bank, Llyods e.t.c because that’s the best and safest strategy for our clients.e.t.c

    DESCRIPTION OF INSTRUMENTS

    1. Instrument: Funds backed Bank Guarantee(BG) ICC-600
    2. Currency : USD/EURO
    3. Age of Issue: Fresh Cut
    4. Term: One year and One day
    5. Contract Amount: United State Dollars/Euros (Buyers Face Value)
    6. Price : Buy:32%+1, Lease: 4%+2
    7. Subsequent tranches: To be mutually agreed between both parties
    8. Issuing Bank: Top RATED world banks like HSBC, Barclays, ING Dutch Bank, Llyods e.t.c
    9. Delivery Term: Pre advise MT199 or MT799 first. Followed By SWIFT MT760
    10. Payment Term: MT799 & Settlement via MT103
    11. Hard Copy: By Bank Bonded Courier


    Interested Agents,Brokers, Investors and Individual proposing international project funding should contact us for directives.We will be glad to share our working procedures with you upon request.



    Name:Richardson McAnthony
    Contact Mail : intertekfinance@gmail.com

    BalasHapus
  45. Saya adalah Widya Okta dari SURABAYA, saya ingin memberi kesaksian tentang karya bagus Tuhan dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan sebagian lain dari kata tersebut, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara.
    Apakah mereka mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman yang curang di sini di internet, tapi mereka tetap asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6-kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

    Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya yang saya jelaskan situasi saya, kemudian mengenalkan saya ke perusahaan pinjaman yang andal yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM dengan tarif rendah 2% dalam 24 jam yang saya gunakan tanpa tekanan atau tekanan. Jika Anda membutuhkan pinjaman Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)

    Jika Anda memerlukan bantuan dalam melakukan proses pinjaman, Anda juga bisa menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah terpenuhi dalam pembayaran cicilan bulanan sesuai kesepakatan dengan perusahaan pinjaman.

    Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya bagus Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Yang Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

    BalasHapus